Sunday, December 16, 2007

Virtual Learning Environment

Virtual Learning Environment (VLE) adalah sistem perangkat lunak yang didukung dengan perangkat keras, yang didesain untuk memfasilitasi pengajar melakukan manajemen terhadap perkuliahan yang diberikan kepada peserta ajar, khususnya membantu dalam administrasi course. Sistem tersebut dapat mencatat kemajuan (progress) proses belajar, dimana dapat dipantau baik oleh pengajar maupun peserta ajar. Selain utamanya digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh (distance education), sistem tersebut juga dapat digunakan sebagai tambahan atau penunjang dalam kelas tatap muka.
Sistem VLE ini biasanya berjalan pada server, menggunakan satu atau lebih database dan programming, misalnya Java/J2EE atau bahasa scripting seperti PHP untuk melayani course bagi peserta ajar melalui halaman web (internet).
Secara sederhana komponen dari sistem VLE akan terdiri dari template untuk halaman konten, forum diskusi, chat, online kuis dan latihan soal seperti multiple-choice, benar/salah atau jawaban satu kata (one-word-answer). Fitur baru yang ditambahkan adalah seperti blog dan RSS. Layanan yang disediakan adalah access-control, kelengkapan konten e-learning, tool komunikasi dan administrasi dari grup pengguna.
Sistem VLE harus memudahkan seorang perancang course (misalnya dosen) untuk dapat menyampaikan kepada peserta ajar, semua komponen yang dibutuhkan untuk course tersebut, melalui sebuah tampilan tunggal yang konsisten dan intuitif. Sebuah sistem VLE dalam implementasinya harus memiliki komponen sebagai berikut:
Silabus dari course
Informasi administratif termasuk lokasi kelas (session), detail dari pre-requisites dan co-requisites
Sebuah papan pengumuman (noticeboard) yang dapat di-up-to-date mengenai informasi course
Registrasi mahasiswa dan fasilitas tracking, termasuk option pembayaran
Materi bahan ajar lengkap dalam berbagai format file atau multimedia yang dapat diakses secara penuh oleh peserta ajar
Materi tambahan lainnya, termasuk materi bacaan (reading materials) dan link ke resource luar seperti ke perpustakaan digital atau ke internet.
Self assessment quizz yang melakukan penilaian secara otomatis.
Prosedur assessment formal
Komunikasi elektronik seperti e-mail, threaded discussion dan chat room, dengan atau tanpa moderator.
Hak akses yang berbeda bagi instruktur dan siswa
Produksi dokumentasi dan statistik dari course dalam format yang dibutuhkan untuk administrasi institusi dan quality control.
Semua fasilitas dapat terkoneksi dengan hyperlink.
Alat bantu authoring yang mudah untuk membuat dokumen yang dibutuhkan - termasuk menambahkan hyperlink.
Dapat menggunakan word processor standar maupun perangkat lunak office lainnya untuk authoring.

No comments:

Post a Comment