Friday, December 14, 2007

Robot Asimo Baru Buatan Honda, Mampu Bergerak Seperti Manusia


















AFP


ROBOT HONDA: Robot buatan Honda Motor bernama Asimo sedang memamerkan kemampuannya bergerak seperti layaknya manusia di markas Honda Tokyo, Minggu (5/2).Pabrikan mobil dan motor Jepang, Honda Motor, memperkenalkan robot buatannya, Asimo, yang telah mengalami penyempurnaan, di Tokyo, Minggu.Robot Asimo baru ini diklaim Honda bisa bergerak seperti gerakan manusia dan bisa berlari dengan kecepatan 6 km per jam.Honda memperkenalkan Asimo baru itu di hadapan khalayak di halaman kantor pusatnya di Tokyo.Asimo baru ini memiliki tinggi 1,3 meter dan berat 54 kg.Rencananya Asimo akan melakukan debutnya sebagai pelayan di kantor dengan membantu membawakan minuman bagi para tamu. Namun belum dijelaskan mulai kapan Asimo itu akan ditugaskan di kantor.


















AIBO, robot anjing buatan Sony, akan muncul varian barunya di musim gugur ini. AIBO ESR-7, robot anjing tersebut memiliki warna kulit hitam dan dilengkapi dengan beberapa upgrade software. Demikian diberitakan Extremetech, Rabu (6/10).Robot seharga 1.899 dollar AS atau lebih mahal 100 dollar AS dibanding model tahun lalu ini dilengkapi software baru senilai 99 dollar AS. Beberapa software yang telah ditanamkan di robot anjing AIBO adalah Mind software yang meliputi kemampuan pengenalan suara, navigasi, dan otonomi. Selain itu, AIBO juga mampu mengenal gambar berkat adanya software Evolutions Robotics.Pada AIBO model baru, ada penambahan fitur untuk mendeteksi dan memanggil obyek. AIBO mampu mengingat obyek berikut lokasinya. Robot anjing lucu tersebut juga mampu mengenali tembok yang berada di depannya. Ketika berhadapan dengan tembok maka kepala robot akan menoleh ke kiri untuk mencari jalan terbuka.Software baru yang ditanamkan di chip-nya mampu membuat AIBO kelihatan seperti anjing nyata. AIBO bisa mengenali suara dan membalas ucapan dalam waktu satu detik. Sementara untuk berkomunikasi dengan peranti lain via nirkabel, tersedia AIBO Entertainment Player. Kontrol navigasi yang dimilikinya juga bisa diatur untuk memainkan file MP3 dan Windows Media. Software tersebut bisa mensinkronisaikan jadwal pertemuan di Microsoft Outlook sehingga si robot bisa mengingatkan janji penting pemiliknya.Pada software AIBO Mind 2 juga ditambahkan mode duduk atau memfungsikan robot sebagai Entertainment Player. AIBO bisa merekam video, suara, dan gambar lewat sensor kamera yang ada. Hasilnya bisa dikirm ke alamat e-mail.

Robot anjing AIBO dan humanoid QRIO buatan Sony berjalan beriringan dalam sebuah pameran di JepangSony Corp. secara resmi menghentikan pengembangan robot anjing buatannya AIBO dan robot humanoid QRIO. Langkah tersebut dilakukan perusahaan elektronik Jepang itu dalam rangka restrukturisasi dan mengurangi anggaran untuk unit pengembangan robotiknya.Berdasarkan laporan tersebut, pengembangan AIBO telah dihentikan sejak pertengahan 2005 dan produksinya sejak akhir 2005."Meskipun demikian, penjualan dan dukungan teknis akan terus dilanjutkan," tulis laporan tersebut.Sejak dirilis pada 1999, lebih dari 150 ribu unit AIBO telah terjual di seluruh dunia. Harga AIBO versi terakhir ditawarkan pada 1.700 dollar AS. AIBO dikenal sebagai robot berteknologi tinggi yang dapat melakukan aktivitas layaknya anjing piaraan.Dibekali dengan kecerdasan buatan - sesuai kepanjangan namanya artificial intelligence robot - ia dapat mengambil keputusan dalam berbagai situasi. Dalam bahasa Jepang, AIBO berarti teman atau sahabat.Kepala AIBO dilengkapi sensor sentuhan sehingga dapat melakukan komunikasi nonverbal dengan pemiliknya, sebuah mikrofon stereo untuk mendengar, sebuah kamera video berwarna untuk melihat, dan detektor jarak untuk menghindari rintangan. AIBO memiliki komponen pengenal suara sehingga dapat menjalankan lebih dari 50 perintah verbal.Sedangkan robot humanoid berukuran 60 centimeter QRIO pertama kali diperkenalkan pada 2000 dan diperbarui versinya pada 2003. Robot yang dikembangkan sebagai salah satu simbol kekuatan merek Sony ini adalah salah satu robot terbaik selain ASIMO yang dikembangkan Honda. Meskipun demikian, kedua robot belum dijual ke pasaran.Sony berencana menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang dipakai dalam pengembangan robot-robot tersebut untuk diimplementasikan dalam produk elektronik buatannya. Direktur Sony Nobuyuki Idei menyebut komputer, televisi, dan mesin permainan sebagai produk utama yang akan difokuskan ke depan.Pada September 2005, Howard Stringer, Direktur Sony sebelumnya mengumumkan langkah restrukturisasi termasuk merumahkan 10 ribu karyawan hingga Maret 2008. Sony menyatakan masih memenuhi jadwal tersebut dan siap merumahkan sekitar 4.500 karyawan serta menutup tujuh pabriknya hingga akhir Maret 2006 dan berencana menjual atau menutup 11 pabrik berikutnya hingga Maret 2008.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment