Monday, February 6, 2012

Era Nuklir



Nukliradalah senjata yang mendapat tenaga dan reaksi nuklir dan mempunyai dayapemusnah yang dahsyat dan bagian atomik dari benda. Nuklir juga mempunyai maknalain yaitu  sumber energi yang berbentukpadat yang dapat dikembangkan oleh manusia. Nuklir digunakan dalam duniakesehatan sebagai alat untuk mendiagnosapenyakit sekaligus dapat pula menberikan terapi. Nuklir dapat dihasilkanmelalui 2 macam mekanisme, yaitu pembelahan inti atau reaksi fisi danpenggabungan beberapa inti melalui reaksi fusi. Reaksi fusi adalah reaksibergabunganya dua inti menjadi satu. Reaksi fusi juga menyisakan unsur-unsuryang bersifat radioaktif, dalam jangka waktu yang lama, radiasi yang dihasilkansangat berbahaya bagi manusia, karena dapat memutasikan manusia secara acak.Sedangkan penggunaan nuklir untuk teknologi PLTN juga ada beberapa bahaya yangperlu diperhatikan diantaranya:

1.       Kesalahan manusia yang bisamenyebabkan kebocoran, yang jangkauan radiasinya sangat luas dan berakibatfatal bagi lingkungan dan makhluk hidup.
2.       Slah satu yang dihasilkanoleh PLTN, yaitu Plutonium memiliki hulu ledak yang sangat dahsyat. Plutoniumini merupakan salah satu bahan baku pembuatan senjata nuklir. Kota Hiroshimadan Nagasaki hancur lebur hanya dengan 5 kg Plutonium.
3.       Limbah yang dihasilkan(Uranium) bisa berpengaruh buruk pada genetika. Disamping itu tenaga nuklirmemancarkan radiasi radioaktif yang sangat berbahaya  bagi manusia.

            Radiasi nuklir terdiri dari 3 jenis, yaitu alpha, beta,gamma. Waktu paruh radiasi nuklir adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengurangisetengah radiasi. Radiasi dengan jenis alpha, beta, gamma memiliki tingkatbahaya yang tidak sama tergantung kondisi lingkungan, waktu paruh yangdimuliki, dan antisipasi terhadap pengaruh bahaya radiasi

Denganadanya nuklir, ada beberapa manfaatnya yaitu:
1.   Energi yang sangat murah danmenguntungkan jika di kelola dengan bijak dan benar.
2.   Pembangkit listrik energinuklir ( PLTN) yang digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik yang relatifmmurah, aman, dan tidak mencemari lingkungan.
3.   Dibidang kedokteran yangdigunakan untuk tujuan diagnostik, terapi dan penelitian kedokteran.

Denganadanya nuklir juga  dapat terjadiradiasi, berikut gejala-gejala radiasi nuklir:
1.   Mual muntah
2.   Diare
3.   Sakit kepala
4.   Demam
5.   Pusing, mataberkunang-kunang
6.   Bingung menentukan arah
7.   Lemah, letih, dan tampaklesu
8.   Kerontikan rambut dankebotakan
9.   Muntah darah atau berakdarah
10. Tekanandarah rendah
11. Lukasusah sembuh

Beberapa dampak dari radiasinuklir adalah:
1.   Sel akan mati
2.   Terjadi penggandaan sel yangpada akhirnya dapat memicu timbulnya sel kanker.
3.   Kerusakan timbul pada seltelur atau testis, yang akan memulai proses bayo-bayi cacat sejak dalamkandungan dan juda menimbulkan lika bakar dan peningkatan jumlah penderitakanker.
4.   Berakibat fatal bagilingkungan hidup.
5.   Memiliki hulu ledak yangsangat dahsyat
6.   Limbah uranium bisaberpengaruh buruk pada genetika


No comments:

Post a Comment