Tuesday, February 7, 2012

Keekstriman Suhu Masa Kini


          Pemasan global adalah proses meningkatnyasuhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Suhu rata-rata global padapermukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C.Peningkatan suhu rata-rata global disebabkan oleh meningkatnyakonsentrasi gas-gas rumah kaca akibataktivitas manusia, sehingga radiasi sinar matahari yang dipantulkan kembalioleh bumi ke luar angkasa terhambat karena dipantulkan kembali oleh GRK,akibatnya terjadi akumulasi panas di atmosfer bumi.


           Daripengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa pemanasan global merupakannaiknya suhu permukaan bumi kita menjadi sangat panas dan tentu saja berdampakpada kesehatan kita. Secarasingkat dampaknya terbagi dalam 3 kategori yaitu penyakit akibat perubahancuaca, pergeseran ekosistem dan degradasi lingkungan.



Perubahancuaca dan lautan dapat berupa peningkatan temperatur secara global  yang dapat mengakibatkan munculnyapenyakit-penyakit yang berhubungan dengan panas dan kematian, terutama padaorang tua, anak-anak dan penyakit kronis. Gas-gas rumah kacatersebut. Kebanyakan dari gas rumah kaca ini dihasilkan oleh peternakan,pembakaran bahan bakar fosil pada kendaraan bermotor, pabrik-pabrik modern,peternakan, serta pembangkit tenaga listrik.


            setiaporang dapat memberikan kontribusi dengan cara sederhana mereka masing-masingdalam menanggulangi perubahan iklim. Kita harus mulainya dari diri kita sendiri,lingkungan kecil kita sendiri. Setiap hal kecil yang dapat kita lakukan dirumah, segera kita lakukan, seperti misalnya meminimalkan penggunaan peralatanatau mesin yang menghasilkan gas sebelum kita bisa benar-benarmenyingkirkannya.


            Pemanasanglobal merupakan peningkatan secara gradual dari suhu permukaan bumi yangsebagian diebabkan oleh emisi dari zat-zat pencemar seperti karbon dioksida(CO2), metan (CH4) dan oksida nitrat ( N2O), serta bertanggung jawab terhadapperubahan dalam pola cuaca global. Karbondioksida dan zat pencemar lanilla berkumpul di atmosfer membentuklapisanyang tebal menghalangi panas matahari dan menyebabkan pemanasanplanet denganefek gas rumah kaca. Pemanasan global merupakan fenomenayang kompleks, dandampak sepenuhnya sangat sulit diprediksi. Namun, setiaptahunnya para ilmuawanmakin banyak belajar tentang bagaimana pemanasanglobal tersebut mempengaruhiplanet, dan banyak diantara mereka setuju bahwakonsekuensi tertentu akan muncul


           Dampak dari pemanasanglobal yaitu:
  1. Naiknyasuhu air laut
  2. Naiknyapenguapan di udara
  3. Perubahanpada pola hujan dan tekana udara
  4. Mencairnyaes di kutup
  5. Peningkatanmuka air laut
  6. Kebakaranhutan yang  meluas
  7. Punahnyaspesies tertentu karena ketidak mampuan beradaptasi terhadap perubahan iklim
  8. Meningkatnyafrekuensi penyakit tropis (malaria, DB)
  9. Punahnyaspesies tertentu karena ketidakmampuan beradaptasi terhadap perubahan iklim
  10. Berkurangnyaketersediaan air hingga 10-30%
  11. Makinmaraknya badai dan banjir di kota-kota besar dinia
  12. Penyakitakibat perubahan cuaca

   Pemanasanlaut menyebabkan rusaknya karang dan matinya kehidupan di situ. Kerugianlain yang segera akan terjadi adalah semakin berkurangnya keaneka-ragamanhayati dan punahnya beberapa spesies satwa.


  Upayapencegahan:
  1. Hematpenggunaan kertas dan tinta
  2. Hematpenggunaan listrik
  3. Hematpenggunaan air
  4. Hematpenggunaan bahan bakar
  5. Pengelolaansampah / limbah yang baik
  6. Penanamanpohon
  7. Daurulang sampah organik

No comments:

Post a Comment