Monday, February 6, 2012

Berfanfaatkah Limbah Itu?



      Limbah (sampah)adalah sisa dari proses  produksi yangsebagian  dapat menghasilkan racun yangdapat berpengaruh terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Limbah bisadihasilkan dari pabrik, rumah tangga, pertambangan, dan industri. Bentuk limbah yaitu:  padat, gas, debu, cair.
Limbah dapat di daur ulang menjadisuatu barang yang berguna jika manusia pandai-pandai memanfaatkannya. Limbahini tidak berguna jika terlalu lama dibiarkan dan dapat membawa penyakit.Menurut jenisnya, limbah terdiri dari 2 macam, yaitu:
a.    Limbahorganik : limbah yang dapat diuraikan secara alami.
Contoh:limbah pertanian, air cucian, sisa-sisa memasak, dll.

b.   Limbahanorganik : limbah yang tidak dapat diuraikan dan tidak dapat diperbaharui.
Contoh:  botol, kaleng, plastik, alumunium.

Sumber Limbah
     Pabrik
 Limbah yang dihasilkan di pabrik yangmempunyai kadar gas yang beracun sangat berbahaya. Biasanya di buang di laut,danau, dan sungai-sungai dekat penduduk masyarakat sekitar. Secara tidak sadarmasyarakat sekitar telah mengkonsumsi gas yang beracun ketika memanfaatkan airsungai itu.

     Rumah tangga
 Limbah ini dihasilkan dari dapur dan MCK. Jikalimbah ini tidak dibuatkan tempat   yangkhusus maka akan menimbulkan pencemaran lingkungan dan menimbulkan wabahpenyakit. Apalagi dari limbah yang terdapat kandungan detergen, bahan-bahanpengawet dan sejenisnya, dimungkinkan akan menimbulkan penyakit baru dalamkurun waktu yang tidak lama.

   Industri Rumah tangga
 Limbah ini dihasilkan dari industri-industrirumah tangga.  Walau industri ini masihdalam skala kecil namun dalam kegiatanya tetap akan menimbulkan limbah.Biasanya berdampak pada ekosistem air, manusia juga termasuk.
Cara Pengolahan limbah cair:
Penting dan besarnya dampak yang ditimbulkanlimbah cair bagi lingkungan, untuk memahami dasar-dasar terknologi pengolahanlimbah cair. Teknologi pengolahan air limbah adalah kunci dalam memeliharakelestarian lingkungan. Apapun macam teknologi pengolahan air limbah domestikmaupun industri yang dibangun harus dapat dioperasikan dan dipelihara olehmasyarakat setempat.  Jadi teknologipengolahan yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan teknologi masyarakat yangbersangkutan. Teknik-teknik air buangan yang telah dikembangkan tersebut secaraumum terbagi menjadi 3 metode pengolahan:
1.    Pengolahansecara fisika
2.    Pengolahansecara fisika
3.    Pengolahansecara biologisi

              Tujuan utama pengolahan airlimbah ialah untuk mengurangi kandungan bahan pencemar di dalam air terutamasenyawa organik, padatan, tersuspensi, mikroba, dan patogen yang ditak dapat diuraikanoleh mikroorganisme yang terdapat di alam.

 Dampak Dari Limbah

     Dampak limbah yaitu dapat menyebabka penyakit:
1.    Penyakitdiare, tifus, penyakit ini terjadi karena virus yang berasal dari sampah denganpengelolaan yang tidak tepat.
2.    Penyakitkulit misalnya kudis dan kurap
3.    Perubahankualitas lingkungan
4.    Terancamnyakehidupan biota dalam badan penerima.
5.     Mengakibatkan gangguan lingkungan.
6.    Terganggunyapenggunaan air.
7.    Tejadinyapencemaran tanah
8.    Gangguankebisingan dan perubahan kualitas udara

Manfaat Limbah:

  1. 1.    Limbahkering dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang berguna.
  2. 2.    Bisamengurangi pengangguran dengan adanya pengolahan limbah kering.
  3. 3.    Limbahplastik atau kaleng bisa dibuat kerajinan yang bernilai jual tinggi

No comments:

Post a Comment