Sunday, October 21, 2007

SISTEM KEAMANAN PADA ENTERPRISE JAVABEANS (EJB)

Warsito


Saat ini sistem arsitektur enterprise telah menjadi issu yang hangat di kalangan pengembang aplikasi sistem informasi dan komputerisasi. Arsitektur enterprise menghendaki suatu sistem yang terintegrasi secara lengkap meliputi seluruh data yang berkaitan dengan aktifitas bisnis perusahaan. Hal ini tentunya akan berhubungan dedngan data seluruh data perusahaan, baik yang bersifat publik maupun private.

Sementara itu akselerasi perkembangan teknologi internet saat ini ternyata diiringi pula dengan peningkatan volume kejahatan di dunia internet. Sehingga kebutuhan akan keamanan pada setiap pengembangan aplikasi internet, semakin dirasakan. Lebih-lebih untuk aplikasi berskala enterprise, maka pemasukkan unsur keamanan sistem sudah menjadi suatu keharusan.

Sun Microsystem, sebagai sebuah perusahaan pengembang software yang terkenal dengan arsitektur berorientasi obyek, saat ini telah menawarkan aplikasi baru untuk sistem berskala enterprise. Sistem baru ini dikenal dengan sebutan Enterprise JavaBeans (EJB). Arsitektur teknologi ini lebih menekankan kepada sistem yang terdistribusi, yakni bagaimana menjalankan komponen-komponen enterprise pada sistem yang terdistribusi.

Sehubungan dengan sistem terdistribusi tersebut, masalah keamanan tentunya akan semakin komplek. Hal ini karena sistem berada pada lokasi yang tersebar, yakni ke beberapa mesin. Makalah ini akan dibahas bagaimana sistem keamanan yang diterapkan dalam alikasi terdistribusi, yang dikembangkan dalam teknologi EJB.

No comments:

Post a Comment