Wednesday, October 31, 2007

12 keahlian IT paling dicari perusahaan (12 hottest IT skills)

Seiring perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang, para pekerja IT dituntut untuk turut mengembangkan kemampuanya. Semakin banyak orang yang berkecimpung masuk ke dalam dunia IT, meskipun pada awalnya IT bukanlah bidang pendidikan mereka. Hal ini dikarenakan bidang IT merupakan bidang praktis, yang dapat dengan mudah dipelajari hanya dengan berbekal buku, peralatan untuk praktik, kemauan dan keuletan. Selain itu peluang lowongan kerja dalam bidang IT masih cukup menarik, meskipun terkadang kemampuan pekerja IT seperti tidak dihargai. Kemampuan pekerja IT hanya dipandang sebelah mata oleh perusahaan perusahaan yang tidak bergerak pada fokus bisnis IT.
Perusahaan sering mencari pekerja IT dengan multiple skill (OS, jaringan, server, aplikasi, hardware, software), dengan bayaran yang murah. Untuk menghindari hal ini para pekerja IT akhirnya memilih untuk bekerja pada perusahaan yang memang juga memperhatikan IT sebagai aset berharga perusahaan. Kesempatan untuk bekerja di perusahaan seperti ini juga tidaklah mudah, pekerja IT benar benar dituntut untuk mempunyai skill yang mumpuni. Berikut adalah 12 keahlian It yang paling dicari saat ini

1. Machine learning

Semakin besar suatu perusahaan, kebutuhan akan pengolahan data dalam jumlah sangat besar menjadi sesuatu yang tidak dapat dihindari lagi. Hal ini berujung pada kebutuhan akan orang dengan kemampuan pengetahuan machine-learning, atau kemampuan untuk mendesain dan mengembangkan algoritma atau teknik untuk meningkatkan performa komputer. Kebutuhan akan ini berkembang ke arah data mining, statistical modelling, dan data structure.

2. Mobilizing applications

Persaingan untuk menyediakan pelayanan berbasis pada peralatan mobile semakin panas. Semakin liarnya dunia teknologi internet, peralatan peralatan mobile (handphone, pda) menjadi salah satu alat pendukung bisnis yang penting. Perusahaan akan membutuhkan orang yang mampu memindahkan sebagian informasi dari aplikasi semacam ERP, procurement atau yang lainya ke peralatan peralatan mobile.

3. Wireless networking

Dengan berkembangnya standarisasi wireless seperti Wi-Fi, WiMax dan bluetooth, pengamanan transmisi yang bersifat wireless semakin menjadi prioritas. Perusahaan tidak hanya menginginkan seorang spesialis wireless, tetapi juga seseorang yang mengerti tentang wireless security. Tetapi jangan hanya berbekal sertifikat wireless, perusahaan lebih berminat untuk mempekerjakan seseorang dengan kemampuan network admin dengan spesialisasi wireless. Dengan kemampuan ini, seseorang akan mengerti bagaimana wireless berinteraksi dengan network.

4. Human-computer interface

"Kesan pertama begitu menggoda" Ya, ungkapan tersebut bukanlah tagline salah satu produk pewangi belaka, tetapi memang benar adanya. Packaging telah menjadi faktor penting pada saat ini. Desain interface untuk web atau aplikasi desktop harus benar-benar diperhatikan saat ini. Suatu web dikunjungi bukan hanya karena isinya, tetapi juga desain interfacenya yang menarik serta user friendly. Begitu juga halnya aplikasi desktop, harus memiliki kemasan desain user interface yang menarik. Desain interface yang menarik sekarang ini sudah merupakan suatu keharusan

5. Project management

Project manager selalu dibutuhkan, tetapi dengan banyaknya proyek yang overbudget atau gagal, seorang project manager yang dapat membuktikan bahwa dia tahu apa yang dia lakukan sangatlah dibutuhkan. Perusahaan membutuhkan seorang project manager yang benar-benar mampu memage suatu project dan keseluruhan siklus project.

6. General networking skills

Kemampuan dasar networking sangatlah perlu sebagai seorang pekerja IT, terutama yang berharap bekerja di perusahaan yang besar. Hal ini sering menjadi masalah bagi mereka yang tidak memilih bidang minat networking, seperti programmer. Seseorang yang tidak memilih bidang minat networking akan lebih baik jika memiliki bekal dasar dasar networking, seperti TCP/IP, Ethernet. Terkadang seorang programmer juga harus memikirkan bagaimana aplikasinya bekerja dalam lingkungan jaringan atau sistem yang terdistribusi.

7. Network convergence technicians

Dengan semakin banyaknya perusahaan yang menerapkan VoIP (Voice over IP), kebutuhan akan seorang network admin pun semakin meningkat. Tetapi bukan network admin biasa saja, yang dibutuhkan adalah seorang network admin dengan pengetahuan tentang network, LAN, WANs, Voice, Internet, dan bagaimana semua komponen tersebut bertemu dan berinteraksi.

8. Open source programming

Seseorang dengan pengetahuan dan pengalaman di Linux, Apache, MySQL dan PHP (LAMP) akan sangat dibutuhkan. Banyak perusahaan yang memilih menggunakan teknologi open source sebagai tulang punggung bisnis mereka, untuk menekan budget. Masalah security pada teknologi open source menjadi salah satu fokus yang sangat diperhatikan. Seseorang dengan pengetahuan security akan LAMP, akan menjadi suatu nilai lebih.

9. Business intelligence systems

Perkembangan business intelligence juga meningkatkan kebutuhan akan seseorang dengan kemampuan teknologi business intelligence seperti Cognos, Business Objects, Hyperion, dll dan seseorang yang dapat mengaplikasikanya ke bisnis.

10. Embedded security

Security selalu menjadi fokus utama pelaku IT. perusahaan akan selalu membutuhkan spesialis security dengan kemampuan yang selalu up to date. Perusahaan semakin giat mengamankan aset-aset mereka dari serangan cyberterrorism dan serangan dari dalam. Perusahaan membutuhkan seseorang yang mampu menciptakan lingkungan yang aman bagi proses bisnis perusahaan, seperti email, aplikasi, jaringan, transaksi, dll.

11. Digital home technology integration

Teknologi multimedia semakin berkembang. Rumah bukan lagi sekedar tempat tinggal pada umumnya. Rumah telah berkembang menjadi sebuah surga teknologi multimedia. Dan perkembangan terbesar adalah home video dan audio. Diikuti dengan keamanan rumah dan sistem pencahayaan otomatis. Tetapi siapa yang akan memasang sistem ini, dan siapa yang akan memperbaikinya jika ada masalah ? CompTIA bekerja sama dengan Electronics Association telah mengeluarkan sertifikasi yang disebut Digital Home Technology Integrator.

12. .NET, C#, C++, Java

Banyak perusahaan membutuhkan seseorang dengan kemampuan pengetahuan mengembangkan aplikasi berbasis .NET framework, seperti ASP.Net, VB.net, serta seseorang dengan kemampuan C#, C++, Java, PHP, XML. Tetapi yang dibutuhkan bukan hanya seorang dengan kemampuan programing, tetapi seorang programmer yang mampu bekerja dalam tim. Akan lebih baik jika seorang programmer dengan kemampuan memimpin tim atau koordinator proyek.

Itulah beberapa keahlian IT yang sedang dicari saat ini. Tetapi jika anda tidak mempunyai salah satu kemampuan di atas, jangan berkecil hati. IT adalah suatu bidang praktis yang bisa dipelajari, jadi masih belum terlambat untuk mempelajarinya. Selain itu kemampuan di atas bukan satu-satunya faktor untuk mendapatkan pekerjaan.

No comments:

Post a Comment