Sunday, September 23, 2007

Penelusuran Jurnal Elektronik menggunakan EBSCOhost Research Databases

Oleh :
Arif Surachman


EBSCOhost Research Databases merupakan sebuah sistem referensi dan informasi ilmiah yang dapat diakses secara online melalui internet. Ebsco ini menyediakan akses ke berbagai database yang menyediakan informasi ilmiah dalam bentuk fulltext maupun sekedar informasi bibliografis dalam berbagai bidang ilmu. Saat ini Ebsco cukup banyak digunakan (dilanggan) oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan sebagainya.
Universitas Gadjah Mada pada saat ini paling tidak memiliki 3 buah Database yang dilanggan melalui Ebsco yakni: Academic Search Premier, Biomedical Reference Collection, dan Business Source Premier.
• Academic Source Premier: Merupakan database akademis untuk multidisiplin yang menyediakan kurang lebih 4, 650 terbitan berkala. Database ini diperbarui setiap hari melalui EBSCOhost.
• Biomedical Reference Collection: Database bidang kedokteran yang didesain untuk dokter, peneliti, mahasiswa, ahli klinis, dan manajer. Database ini setidaknya menyediakan 900 jurnal full text.
• Business Source Premier: Database yang diperuntukkan bagi penelitian bidang bisnis dan ekonomi yang memberikan akses ke dalam lebih dari 8.800 terbitan berkala. Database ini mencover seluruh bidang dalam bisnis termasuk pemasaran, manajemen, sistem informasi manajemen, POM, akuntansi, keuangan, dan ilmu ekonomi. Database ini diperbaharui setiap hari melalui EBSCOhost.
Berikut ini adalah beberapa pedoman singkat bagi penelusuran informasi ilmiah menggunakan database Ebsco.
Permulaan Akses
• Untuk mengakses database Ebsco kita dapat menggunakan alamat http://search.ebscohost.com. Akan tampil halaman awal pilihan layanan Ebsco yang dilanggan.
• Pilih layanan yang sesuai, misal EBSCOhost Web. Selanjutnya akan tampil halaman pilihan Database.
• Pilih database yang sesuai dengan bidang kita dengan memberi tanda pada checkbox yang tersedia di sebelah kiri. Misal untuk bidang Kedokteran Hewan, pilih Academic Search Premier atau Biomedical Reference. Klik Continue. Selanjutnya akan tampil halaman penelusuran “Advanced Search”
Mulai melakukan penelusuran.
Advanced Search
Melalui Advanced Search kita dapat melakukan penelusuran menggunakan beberapa field sekaligus, search history dan juga pembatas untuk memfokuskan penelusuran.
Langkah-langkah penelusuran
1. Pada Tab Menu Toolbar, klik Advanced Search. Selanjutnya akan menampilkan layer Advanced Search.
Pada Field Find, ketikkan kata kunci yang ingin dicari. Lihat contoh pada gambar 1.
2. Pilih field pada menu drop-down (misal., cari hanya pada Subject Term field).
3. Ulangi langkah 2 dan 3 pada baris kedua.
4. Pilih operator Boolean (AND, OR, NOT) untuk menggabungkan dua kata kunci yang dimasukaan dalam field Find.
5. Gunakan pembatas (Limiters) untuk mengarahkan pencarian:
• Full Text – membatasi hasil penelusuran hanya untuk artikel full text.
• Publication – membatasai hasil penelusuran untuk artikel dari nama publikasi tertentu.
6. Gunakan Expanders untuk meningkatkan penelusuran:
• Also search within the full text of the articles – memperluas hasil penelusuran dengan menemukan kata-kata didalam artikel full text.
• Automatically "And" search terms – memperluas hasil penelusuran melalui operator AND antara dua kata (terms).
• Also search for related words – memperluas hasil penelusuran termasuk didalamnya sinonim dan plurals.
Klik Search. Selanjutnya akan terlihat daftar hasil penelusuran (lihat pada gambar 2)
Basic Search
Langkah-langkah penelusuran:
Masukan keyword dalam field Find dan pilih beberapa limiters atau expanders yang mungkin ingin kita gunakan dalam penelusuran. Operator Boolean dapat juga digunakan dalam penelusuran ini. Untuk membersihkan field Find gunakan Clear. Untuk menset ulang limiters/expanders pada nilai defaults, klik tombol Reset.
Klik Search. Hasil penelusuran akan ditampilkan. Untuk mencetak, mengirim melalui e-mail, atau menyimpan hasil penelusuran, perlu digunakan add folder.
Memilih dan Menyimpan Hasil Penelusuran

Database Ebsco memungkinkan kita melakukan penyimpanan sementara penelusuran yang pernah kita lakukan dan juga hasil penelusuran yang telah kita pilih. Penyimpanan dilakukan di Folder yang telah disediakan oleh Ebsco. Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai proses pemilihan dan penyimpanan hasil penelusuran.

1. Untuk menentukan pilihan dan memasukkan hasil penelusuran pada folder sementara, klik ADD pada sebelah kiri daftar artikel sehingga berubah menjadi ADDED.
2. Penyimpanan berhasil apabila terlihat pada bagian Folder is empty berubah menjadi Folder has items.
3. Untuk melihat hasil pilihan yang telah kita tentukan klik pada Folder has items, selanjutnya Ebsco akan menampilkan daftar artikel yang telah kita pilih.
4. Klik pada Judul Artikel untuk melihat deskripsi bibliografis dari artikel tersebut, atau klik pada PDF Fulltext / HTML Fulltext untuk melihat artikel dalam versi selengkapnya.
5. Selanjutnya kita dapat melakukan pencetakan, penyimpanan, atau mengirimkan melalui e-mail. Klik pada bagian print untuk cetak, save untuk simpan, dan e-mail untuk pengiriman.
Beberapa tips penelusuran melalui EBSCO

• Gunakan (pilih) single database (misal: Academic Search Premier) untuk mempercepat akses dan menampilkan sub menu seperti publication, subject term, indexes, dan sebagainya.
• Gunakan kalimat atau kata-kata yang simple dan langsung pada subyek untuk mempercepat hasil yang diharapkan.
• Gunakan operator Boolean seperti AND, OR atau NOT.
o AND  menggabungkan dua keyword penelusuran dimana membatasi hasil penelusuran berisi kedua kata tersebut. Contoh, Avian AND Influenza akan menemukan artikel yang berisi kedua kata tersebut.
o OR  menggabungkan dua keyword penelusuran dimana hasil penelusuran setidaknya salah satu dari kata tersebut. Contoh, Avian OR Influenza akan menemukan salah satu dari kata tersebut.
o NOT  hasil penelusuran tidak akan menyertakan keyword yang mengikuti kata sebelumnya, misal Avian NOT Influenza, maksudnya adalah menemukan artikel yang berhubungan dengan Avian tapi bukan yang Influenza.
• Gunakan Wildcard (?) atau simbol Truncation (*) untuk mencari kalimat yang kita belum yakin tahu.
o Wildcard (?)  misalkan ketik ne?t maka akan mencari semua kutipan yang berisi neat, nest atau next. Wilcard ini hanya menggantikan sebuah karakter tunggal saja. Sehingga dalam kasus ini maka kata net tidak termasuk dalam pencarian.
o Truncation (*)  misalkan ketik comput*, maka akan mencari semua kata yang berawalan comput seperti computer atau computing.
• Gunakan Limiters / Expander untuk menghasilkan hasil terbaik sesuai dengan keinginan kita.
• Gunakan juga tanda quotation (“) apabila diperlukan untuk menelusur artikel dalam rangkaian keyword yang diinginkan. Misal “Avian Influenza”, maka penelusuran akan diutamakan pada frasa Avian Influenza sebagai satu kesatuan
Gunakan juga fasilitas tambahan seperti Subject Term, Publication atau Indexes untuk mencari artikel menggunakan Daftar Subjek dari Thesaurus, Daftar Publikasi/jurnal, atau Indeks kata. Catatan: fasilitas tambahan subject term, publication, dsbnya akan tampil apabila kita menggunakan pilihan single database.

No comments:

Post a Comment