Friday, January 27, 2012

MOBIL NUKLIR

PENCARIAN bahan bakar alternatif untuk menggerakkan kendaraan terus dilakukan. Para ilmuwan di perusahaan penelitian dan pengembangan Laser Power System telah mengembangkan sistem generator listrik turbin yang digerakkan laser berbasis thorium.

Thorium adalah logam radio aktif ringan dengan bobot atom 90. Dengan kata lain, ini adalah mobil bertenaga nuklir. Prinsip kerjanya pun sangat sederhana. Thorium digunakan untuk membangkitkan panas yang menghasilkan uap dalam siklus tertutup.

Uap tersebut kemudian menggerakkan generator pembangkit listrik. Karena hanya membutuhkan lembaran tipis aluminium foil guna mencegah radiasi bocor, sehingga reaktor mini ini sangat aman digunakan sebagai pembangkit tenaga kendaraan.

Menurut LPS, satu unit pembangkit tenaga, mampu menghasilkan daya 250 kW yang setara dengan 335 hp dengan bobot kurang dari 227 kg. Menurut penemunya, Charles Stevens, setiap gram thorium memiliki energi yang setara dengan 28.390 liter bensin.

Alhasil, hanya dengan 8 gram thorium dapat menjalankan mobil rata-rata untuk 5.000 jam atau setara dengan jarak tempuh 480.000 km atau melewati usia pakai ideal kendaraan itu sendiri.

LPS ternyata tidak sendiri dalam urusan ini. Cadillac pernah memperkenalkan mobil konsep bertenaga thorium di Chicago Auto Show 2009 lalu yang dirancang oleh Lorus Kulesus.

Kendaraan tersebut memang belum memiliki reaktor pembangkit tenaga nuklir dari Thorium yang benar-benar berfungsi. Akan tetapi seseorang di General Motors telah memikirkan sebuah ide menarik untuk membuat konsep mobil untuk dipamerkan.

Siapa tahu akan terwujud kelak. (MI/ICH)

No comments:

Post a Comment